Custom Search

Minggu, 07 Desember 2008

Management Program

Defenisi Manejemen yang paling populer :
· Manajemen adalah menyelesaikan tugas-tugas melalui orang lain.
· Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.
definisi lainnya :
· Suatu proses mempengaruhi dan membujuk orang lain.
· Suatu proses penilaian dan pengambilan keputusan.
Agar seseorang dapat mengelola dengan baik, ia harus bisa mengaplikasikan peengetahuan dan pengalamannya dari berbagai lapangan serta dalam situasi yang berbeda.

Jadi Managemen Program :
Adalah proses menyelesaikan program yang ditugaskan dengan kita sebagai suatu tanggung jawab melalui orang lain dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan dengan metode yang tepat sesuai dengan ruang lingkup, kondisi dan budaya organisasi yang kita pimpin.

Dalam memimpin organisasi ada delapan prinsip managemen yang harus kita pahami dalam hal memperbaiki kinerja :
1. Fokus kepada Kebutuhan Anggota
2. Kepemimpinan
3. Keterlibatan Anggota
4. Pendekatan Program
5. Pendekatan Sistem Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Program
6. Pengkaderan / Pembinan yang terus menerus
7. Dalam Mengambil Keputusan selalu Menggunakan Fakta yang Benar
8. Menjaga Hubungan yang Baik dengan Lembaga-Lembaga yang Terkait.
1. Fokus kepada Kebutuhan Anggota.
Organisasi bergantung pada anggota mereka dan oleh karena itu harus memahami kebutuhan anggota saat ini dan dimasa yang akan datang, berusaha memenuhi keinginan anggota dan kalau boleh berusaha kera untuk melebihi pengharapan dari anggota itu.
§ Memahami secara keseluruhan kebutuhan dan pengharapan anggota.
§ Menyeimbangkan keinginan anggota dan pihak lain yang berkepentingan
§ Mensosialisasikan apa kebutuhan dan keinginan anggota dan mengambil tindakan atas hasil yang didapat.
§ Membina hubungan yang baik dengan anggota
2. Kepemimpinan
Pemimpin menetapkan kestuan tujuan dan arahan organisasi. Mereka harus menciptakan dan memelihara lingkungan internal dimana seluruh anggota dapat terlibat secara penuh untuk mencapai tujuan organisasi..
§ Proaktif dan memimpin dengan memberikan contoh
§ Memahami dan merespon perubahan di lingkungan internal
§ Menetapkan Visi yang jelas dari masa depan organisasi
§ Menetapkan nilai-nilai kebersamaan dan etika
§ Membangun kepercayaan, Menghilangkan kecemasan, jujur dan komunikasi terbuka
§ Menyediakan sumber daya yang dibutuhkan dan bebas untuk berpikir
§ Memberikan inspirasi, mendorong dan mengakui kontribusi
§ Mendidik, melatih dan membimbing anggota
§ Menentukan tujuan dan malaksanakan strategi


3. Keterlibatan Anggota
Anggota disemua tingkatan adalah inti dari organisasi dan keterlibatan mereka secara penuh dapat digunakan untuk keuntungan organisasi.
§ Menerima kepemilikan personal dan tanggung jawab untuk memecahkan permasalahan
§ Secara aktif mencari kesempatan untuk melakukan perbaikan
§ Meningkatkan pengetahuan dan kompetensi
§ Berbagai pengetahuan dan informasi secara bebas
§ Fokus pada penciptaan nilai bagi anggota
§ Inovatif dan Kreatif untuk mencapai tujuan organisasi
§ Mewakili organisasi dengan baik didalam maupun diluar organisasi
§ Mendapat kepuasan dari partisipasinya dalam organisasi
§ Antusias dan bangga menjadi bagian organisasi.
4. Pendekatan Program
Hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan lebih efisien jika sumber daya dan aktivitas yang saling terkait dikelola sebagai sebuah program.
§ Menentukan program
§ Mengidentifikasi kebutuhan anggota dan keinginan anggota
§ Mengidentifikasi program-program yang dapat dikerjakan sendiri yang dapat dikerjakan sendiri dan yang dapat dilaksanakan anggota
§ mengevaluasi resiko yang mungkin terjadi dan konsekuensi dari progaram-program yang akan dilakukan dan mana program yang harus saling terkait
§ Kejelasan akan tanggungjawab dan wewenang dari pengelolaan program
§ Memperhatikan dengan seksama akan konsekuensi ketersediaan sumber dayadalm merencanakn suatu program.
5. Pendekatan Sistem dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Progaram
Mengidentifikasi, memashami dan menfgelola sistem dari program-progarm yang saling terkait dengan menetapkan sasaran untuk memperbaiki efisiensi dan efektivitas organisasi.
§ Menentukan sistem dengan mengidentifikasi dan mengembangkan progaram-program yang mempengaruhi tujuan/sasaran organisasi yang telah ditentukan
§ Menetapkan sistem untuk mencapai tujuen / sasaran dengan sangat efisien
§ Memahami keterkaitan antar program
§ Memperbaiki sisiterm secara terus menerus dengan evaluasi secara teratur
§ Memahami sumber daya yang menjadi penghambat sebelum melakukan program.
6. Pengkaderan / Pembinaan yang Berkesinambungan
Pengkaderan yang berkesinambungan harus menjadi tujuan permanen dari organisasi.
§ Menetapkan peningkatan terus menerus sebagai sasaran bagi semua orang
§ Perbaikan dengan peningkatan dan terobosan baru
§ Secara periodik membandingkan dengan kriteria yang diharapkan untuk identifikasi perbaikan
§ Secara terus menerus memperbaiki efisiensi dan efektivitas proses
§ Melaksanakan pencegahan
§ Melatih semua karyawan dalam hal metode dan alat untuk melakukan peningkatan
§ Menyediakan pengukuran dan sasaran untuk memanbdu dan melacak perbaikan
§ Mengakui perbaikan

7. Dalam mengambil keputusan selalu Menggunakan fakta yang benar

Keputusan yang efektif adalah keputusan yang didasarkan pada analisa data dan informasi
§ Konsen akan informasi dan data yang relevan
§ Meyakinkan bahwa infomasi tersebut akurat, mencukupi dan dapat diambil
§ Melakukan analisa data dan informasi dengan menggunakan metode yang vasslid sebelum memberikan respon atau keputusan
§ Memahami teknik mencari dan mengelola informasi dan data yang benar
§ Menyeimbangkan analisa logis dengan pengalaman dan intuisi untuk mengambil keputusan.

8. Menjaga Hubungan yang baik dengan Lembaga-Lembaga yang terkait

Organisasi dan lembaga organisasi lainnya p[ada dasarnya saling bergantung satu dengan yang lainnya dan hubungan saling menguntungkan dapat meningkatkan kemampuan kondisi yang lebih baik secara bersama dan saling menguntungkan.
Memahami dan mengenali mitra utama dalam menjalankan organisasi
Menyeimbangkan kepentingan jangka pendek dengan pertimbanagn akan kepentingan jangka panjang
komunikasi terbuka dan bersahabat
Melakukan kerjasama yang baik dalam rangka pembinaan anggota dan sering informasi dan pemahaman
Bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota
Berbagi informasi dan rencana dimasa yang akan datang
Mengakui eksistensi dan perbedaan kultur masing-masing.


Dalam menjalankan Progaram yang baik bagi suatu organisasi dengan sejumlah pengurus yang masih baru tentu tidak gampang. Oleh sebab itu sebagai pengurus sadar atau tidak sadar mempunyai level tanggungjawab lebih dari semua anggota yang ada di organisasi.
Oleh sebab itu disamping dalam prinsip managemen yang diterangkan diatas ada lagi yang harus dipahami oleh orang perorang PK dalam menjalankan tugas sebagai Pelayan yang Memimpin dan Pemimpin yang Melayani.

Dasar-dasar Pengurus yang efektif:

Pengurus yang efektif ibarat sebuah perkawinan yang solid (kokoh) tergantung pada pengembangan dasar-dasar, adapun dasar – dasar pengurus yang efektif dalam me-manage program adalah :

1.Kepercayaan
2.Kompetensi
3.Keadilan
4.Respek / Rasa Hormat
5.Keyakinan

Akhirnya dengan materi ini diharapkan kita selaku pengurus dapat belajar dan bekerja dengan dengan mencoba menerapakan prinsip managemen tersebut.

S y a l o m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar